A Fully Integrated Textile Manufacture   
Home | Sejarah | Struktur Organisasi | Modal | Lokasi | Kegiatan Produksi | Hasil Produksi | SDM
 
  :: Selamat Datang
Selamat datang di PT. UNITEX disini anda dapat menemukan informasi seputar profil perusahaan mulai dari Sejarah, Struktur Organisasi, serta Kegiatan dan Hasil Produksi semua dikemas dalam suatu halaman web dinamis sehingga memudahkan anda dalam mencari informasi yang dibutuhkan.
  :: Sejarah Per Tahun
  :: Jumlah Karyawan
BKP
Male                    10
Female                2
Spinning
Male                    157
Female                16
Weaving
Male                    282
Female                105
Dyeing
Male                    53
Female                6
Yarn Dyeing
Male                    44
Female                1
Technical Production
Male                    20
Female                8
Guarantee of Quality
Male                    23
Female                22
Utility
Male                    47
Female                2
General & Personel
Male                    48
Female                14
Accounting
Male                    6
Female                3
Marketing
Male                    5
Female                8
Total                  882
 
Kegiatan Produksi

PT. UNITEX Tbk.
Jl. Raya Tajur No. 1 PO BOX 103 Bogor 16001

Bagian Spinning

Bagian Spinning (pemintalan) adalah bagian yang memproses bahan baku kapas dan polyester menjadi benang. (detil spinning)

Bagian Weaving

Bagian Weaving (pertenunan) adalah bagian yang memproses benang menjadi kain. Proses ini diawali dari mempersiapkan benang dalam seksi persiapan hingga terbentuk anyaman benang tate yang siap masuk mesin tenun, selanjutnya diproses dalam mesin tenun. (detil weaving)

Biro Koordinasi Pusat (BKP)

Bagian ini berfungsi untuk mengontrol produksi sesuai dengan order yang diterima. BKP menerima order dari kantor Jakarta yang berasal baik dalam maupun luar negeri, kemudian dipelajari untuk menentukan jenis dan cara pembuatan kain tersebut. BKP mengatur perencanaan proses produksi mulai dari persiapan bahan baku, persiapan proses sampai dengan proses pengeluaran barang jadi dari gudang untuk dikirim kepada customer.

Bagian Dyeing

Departemen Dyeing adalah bagian pemolesan kain terhadap warna, penampilan dan pegangan (handling). Departemen ini merupakan bagian pemrosesan kain yang terakhir mulai dari bahan baku kapas dan polyester sampai pada produk kain yang siap dipasarkan. (detil dyeing)

Bagian Celup Benang

Bagian ini pada dasarnya merupakan bagian yang berdiri sendiri dalam departemen dyeing. Seluruh aktifitas mulai dari persiapan sampai dengan pengeringan dilakukan dalam seksi ini dan tidak terkait secara langsung dengan seksi-seksi lain. Pada bagian celup benang ini terdapat dua seksi yaitu seksi celup benang sendiri dan seksi soft winder.
Prose yang dilakukan pada seksi celup benang adalah proses pencelupan benang hasil produksi bagian spinning yang sebelum ditenun dicelup terlebih dahulu.
Sedangkan proses yang dilakukan pada seksi soft winder adalah proses penggulungan benang kembali dari hasil spinning sehingga dapat dilakukan proses celup pada seksi celup benang.

Bagian Garansi Mutu

Departemen garansi mutu adalah bagian yang berfungsi untuk melakukan pengontrolan mengenai kualitas hasil produksi, baik kualitas produksi kain grey (kain mentah), kualitas kain finish (kain jadi) maupun kualitas produksi benang. Bagian garansi mutu ini merupakan penggabungan proses quality control dari bagian produksi sebelumnya yaitu bagian spinning (quality benang), seksi shiage (bagian weaving/pertenunan) dan seksi make-up (bagian dyeing/pencelupan).

1. Seksi Pemeriksaan (Shiage)

Tugas seksi ini adalah menerima kain hasil tenunan dari seksi pertenunan untuk dicek dan ditentukan gradenya, untuk diperbaiki dan untuk diklasifikasikan sesuai dengan jenis dan jadwal pengiriman kebagian dyeing.

2. Seksi Make-Up


Tugas seksi ini adalah melakukan grade, penggulungan dan pengepakan sesuai dengan pemesanan.

Bagian Teknik Produksi

Departemen Teknik Produksi adalah bagian yang bertanggung jawab dalam hal proses penaggulangan masalah apabila terdapat ketidaksesuaian antara hasil rencana dengan hasil proses produksi. Misalnya apabila terdapat ketidaksesuaian dalam hal kualitas warna, maka bagian ini akan meneliti permasalahannya dan mengusulkan cara penanggulangannya bersama-sama bagian yang bersangkutan.

Bagian Utility

Departemen Utility adalah bagian yang berfungsi untuk menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh departemen lainnya. Sarana dan prasarana yang disediakan oleh Departemen Utility meliputi penyediaan sumber energi listrik, uap air panas, air bersih, pengatur suhu ruangan pabrik(AC), pemasangan peralatan. Disamping itu Departemen Utility juga mengelola air limbah sisa proses pencelupan dari Departemen Dyeing.

1. Seksi Air Limbah

Tugas seksi ini adalah mengolah sisa-sisa air pencelupan baik celup kain maupun celup benang yang berasal dari Departemen Dyeing dan Celup Benang, sehingga pada saat air terbuat dibuang kesungai tidak membahayakan kehidupan lingkungan sekitarnya.

2. Seksi Power Station

Tugas seksi ini adalah menyediakan kebutuhan sumber energi listrik, uap air panas, pengaturan suhu ruangan (AC) serta air bersih.

3. Seksi Maintenace

Tugas seksi ini adalah menyediakan, memasang dan merawat sarana dan prasarana pada seluruh Departemen lainnya.

4. Seksi Bangunan

Tugas seksi ini adalah melaksanakan pembangunan sarana (bangunan) pada Departemen lainnya serta melaksanakan pembangunan perumahan karyawan PT Unitex.

 
  :: Pemegang Saham
  • Unitika 69.37%
  • Henry Onngo 9.40%
  • Henry Lohanata 8.61%
  • H. Sugi Hadi Prawiro 0.01%
  • Public 12.61%
  :: Denah & Lokasi
  :: Datang & Bergabung
Datang dan Bergabunglah dengan kami menuju era kesuksesan bersama PT. UNITEX - A Fully Integrated Textile Manufacture
  :: Kapasitas Produksi
  Spinning
1.450 bal / month
  Weaving
1.800.000 meters / month
  Dyeing
2.000.000 meters / month
130 ton / month